Sistalisius.com – Ibu dan Anak memang memiliki ikatan batin yang sangat kuat. Ada firasat yang sering dirasakan oleh sang Ibu ketika anak sedang berada dalam masalah atau mendapati bahaya. Rupanya hal sebaliknya juga dirasakan oleh sang anak, bahkan ketika ia masih di kandungan.

Sebuah penelitian terbaru memperlihatkan foto bukti dampak stress yang dialami oleh ibu hamil. Ketika Ibu yang sedang hamil mendapatkan tekanan/stress, bayi dalam kandungannya juga mengalami hal yang serupa. Foto yang diperoleh dari penelitian tersebut menunjukkan perilaku janin bayi dalam kandungan sang Ibu, ia lebih sering menyentuh wajahnya, mirip sikap orang dewasa ketika mengalami stress.

Sebenarnya, hal ini sudah menjadi teori lama, namun akhir-akhir ini para peneliti baru memperoleh buktinya, setelah mengambil foto janin memakai mesin scanner 4D. Dalam foto tersebut si janin terlihat menyentuh mulut dan keningnya, seakan-akan ia sedang gelisah atau cemas.

Janin saat ibu stress

Photo copyright Dailymail.co.uk

Menurut Dr. Reissland, ketika seorang Ibu sedang stress, janin dalam kandungannya cenderung mengusap bagian alisnya. Ini adalah reaksi janin terhadap hormon stress dari sang Ibu. Seorang Ibu biasanya terlihat mulai stress atau cemas saat mereka mulai menyentuh wajahnya.

Janin Stress

Photo copyright Dailymail.co.uk

“Beberapa orang ibu tak perlu khawatir akan hal ini, namun beberapa orang ibu lainnya yang mudah stres, perlu memikirkan cara untuk meredakan ketegangan yang mereka alami,” kata Dr. Reissland.

Featured Photo copyright Thinkstockphotos