Sistalisius.com – Salah satu tanda gigi sehat adalah bersih dan bebas dari plak gigi. Gigi kita memiliki aktifitas yang sangat sibuk setiap hari ketika makan. Hal ini menyebabkan makin lama plak menumpuk. Maka, kita melakukan gosok gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Masing-masing orang punya kebiasaan gosok gigi sendiri-sendiri. Berikut ini adalah cara efektif menggosok gigi secara benar agar gigi bersih dan bebas dari plak. Mau tahu caranya seperti apa?

  1. Arah gerakan ketika menggosok gigi adalah dari bagian gusi ke arah bagian gigi. Hal ini berlaku untuk rahang bawah maupun atas, sebelah luar maupun dalam. Gunakan sedikit putaran saat menggosok pada permukaan kunyah.
  2. Gunakan tekanan ringan putaran awal dari gusi menuju permukaan gigi, searah dengan poros gigi.
  3. Total waktu yang dibutuhkan untuk menggosok gigi idealnya rata-rata 2-3 menit.
  4. Gunakan sikat gigi yang memiliki ujung cukup kecil agar mudah menjangkau bagian belakang mulut. Pilih yang memiliki bulu sikat halus dan ukuran sesuai mulut kita.
  5. Kumur-kumur setelah menggosok gigi 1-2 kali.
  6. Jangan sampai pasta gigi yang Anda gunakan ikut tertelan.
  7. Ingat, jika setelah menggosok gigi, plak masih ada di permukaan gigi, berarti cara menggosok gigi kita masih belum benar.

Plak Gigi dapat dihilangkan dengan melakukan sikat gigi yang benar. Namun, ketika Plak Gigi terlalu lama menumpuk dan menjadi karies, maka Anda perlu ke dokter gigi untuk membersihkannya.

Jika Anda sudah melakukan cara menggosok gigi secara benar, maka tinggal menjaga rutinitasnya. Idealnya menggosok gigi paling tidak 2x sehari, pagi dan malam.

Image: (c)pepsodent.co.id