Sistalisius.com – Cara para Bunda dalam mengasuh anak sangat menentukan masa depan mereka. Tiap anak memiliki keunikan sendiri-sendiri. Jadi kita tidak bisa memaksa untuk memberikan pola asuh yang sama persis dengan anak-anaik lain.

Salah satu keunikan yang bisa ada pada anak adalah tipe anak sensitif. Bila Anak Anda memiliki tipe semacam ini, berikut ini 5 cara mengasuh anak sensitif yang bisa Anda lakukan, sehingga potensi yang dimilikinya dapat dikembangkan secara maksimal.

Pertama: Berikan Contoh dengan Perilaku Anda
Kita sering menyuruh anak untuk bersikap begini dan begitu. Namun sebenarnya hal yang paling penting adalah memberi contoh dengan perilaku kita. Ini justru yang sering luput dari para orang tua. Ketika Anda mencintai anak Anda dan ingin ia menjadi lebih baik, terima ia apa adanya. Kemudian jadilah orang tua yang memberi contoh yang baik, dengan berperilaku yang baik, maka anak Anda akan meniru perilaku Anda.

Kedua: Pelajari Pemicunya
Apakah anak Anda mudah panik ketika di keramaian? Apakah anak Anda justru lebih mudah menjalin interaksi di kelompok kecil? Apakah dalam situasi tertentu anak Anda mudah merasa sedih atau emosional? Ini adalah hal-hal yang menjadi pemicu ketidaknyamanan pada anak Anda. Pelajari hal tersebut dan bantulah dia agar merasa lebih nyaman.

Ketiga: Jangan Terburu-Buru
Apabila dalam situasi tertentu anak Anda merasa tertekan, sebaiknya jangan memaksa ia menyesuaikan diri dalam sekejap. Bantu dan tunggulah ia untuk melakukan adaptasi secara perlahan. Anda cukup memberikan dorongan kepada anak Anda untuk lebih percaya diri mengatasi keadaan.

Keempat: Fokus pada Kelebihan yang Dimiliki Anak
Anda perlu menanamkan dalam pikiran tentang sisi positif dari tipe anak sensitif. Fokus pada kelebihan yang dimiliki Anak Anda. Biasanya anak tipe sensitif mempunyai tingkat imajinasi yang tinggi. Bantu ia agar potensi ini berkembang ke arah yang lebih baik.

Kelima: Carilah Bantuan
Apabila Anda memiliki kesulitan untuk membantu anak Anda berkembang, Anda dapat meminta bantuan teman atau dokter yang memiliki kemampuan lebih dalam hal ini. Jika Anda punya teman yang memiliki anak tipe sensitif, Anda juga dapat berkonsultasi pada dia.

Foto: copyright shutterstock.com