Sistalisius.com – Masalah dan Tantangan pasti ada pada tiap fase kehidupan. Ketika usia 20-an, beberapa masa sulit harus kita alami. Untuk beberapa orang, hal ini dapat membuat frustasi dan tertekan. Namun  sebagian orang yang lain dapat melaluinya dengan lebih mudah.

Ketika masa-masa sulit di umur 20-an ini berhasil dilewati, Anda seharusnya telah menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa. Lalu, apa saja hal-hal sulit yang dilewati pada umur 20-an itu? Berikut ini kita bahas 4 masa sulit yang harus kita lewati di usia 20-an tahun.

Mencintai dan Dicintai
Di umur 20-an, Cinta merupakan suatu komitmen. Anda bisa merasa terluka ketika cinta kepada seseorang yang tidak mencintai Anda. Pada masa ini Anda juga tak boleh sembarangan untuk mencari jodoh. Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menikah dengan seseorang.

Bahkan, urusan Mencintai dan Dicintai ini tak hanya meliputi hubungan dengan kekasih saja. Namun juga menyangkut hubungan Anda dengan pekerjaan Anda, dengan tempat Anda bekerja, dan banyak hal lain.

Membuat Keputusan Tentang Jati Diri
Sebagian besar orang memerlukan waktu yang lama untuk menemukan jati diri, atau istilah lainnya panggilan jiwa. Pada umur 20-an Anda harus berani memutuskan dimana jati diri Anda sesungguhnya. Apakah passion dan tujuan hidup Anda sebenarnya.

Temukan jati diri secara cermat dan hati-hati. Karena hal ini sangat berkaitan dengan nilai-nilai yang selama ini Anda pegang, sekaligus menyangkut masa depan Anda. Jangan sampai terlambat mengambil keputusan. Pilih sebuah bidang yang paling Anda sukai. Yakini dan percaya bahwa itu adalah jalan hidup Anda. Lalu asah kemampuan Anda disana secara konsisten dan sungguh-sungguh. Maka, dikemudian hari Anda akan mengalami perubahan yang besar.

Kekecewaan dan Kegagalan
Kegagalan merupakan bumbu dalam kehidupan. Kesempurnaan hidup akan dapat Anda peroleh setelah melewati berbagai macam kekecewaan dan kegagalan. Disini Anda dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih matang. Jangan menghabiskan waktu dan tenaga untuk memikirkan kelemahan Anda. Fokuslah pada potensi atau kelebihan yang ada pada diri Anda. Lakukan yang terbaik dengan kelebihan tersebut.

Tujuan Hidup
Tentukan satu tujuan hidup Anda. Lalu gunakan kelebihan Anda untuk mengarah menuju tujuan tersebut. Bila Anda menemui orang lain yang terlihat lebih sukses dari Anda, jadikan itu motivasi. Jangan menghabiskan tenaga dengan membandingkan diri Anda sekarang dengan kesuksesan orang lain. Karena masing-masing orang memiliki jalan sendiri meraih kesuksesan.

Hal-hal yang Anda lakukan sekarang akan mempengaruhi kehidupan Anda di masa depan. Ketika tujuan hidup Anda sudah mantap, akan lebih mudah bagi Anda dalam membuat prioritas. Anda dapat menentukan jalan hidup Anda sendiri. Teruslah belajar mengasah kelebihan yang ada pada diri Anda agar bermanfaat bagi banyak orang.

Foto: copyright shutterstock.com